Strategi Manajemen Usaha Kecil

Besar ataupun kecilnya usaha kita bukanlah sebuah masalah. Selama kita bisa menjalankannya dengan baik dan benar maka bisa jadi bisnis tersebut bisa kita kembangkan lagi dalam bentuk yang lebih menjanjikan. Masalah sebenarnya adalah, apakah kita memiliki manajemen yang baik untuk mengembangkan usaha dan bisnis tersebut?
Jika kita tidak memiliki manajemen yang baik akan suatu bentuk usaha ataupun bisnis, maka entah itu bisnisnya dalam skala besar ataupun kecil nantinya akan tetap tidak bisa berkembang atau bahkan malah hancur dan merugi. Maka dari itu, penting bagi kita untuk memiliki manajeman yang bagus dalam mengelola suatu bisnis.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang strategi mengembangkan suatu usaha kedalam bentuk usaha yang lebih besar dan lebih menguntungkan. Lalu, seperti apakah Strategi Manajemen Usaha Kecil tersebut? Simak penjelasan kami berikut ini.

1. Realistis

Dalam memulai merancang sebuah usaha, maka hal yang pertama yang kita lakukan mencoba melakukan pengamatan, apakah usaha yang akan kita jalankan nantinya adalah jenis usaha yang bisa berkembang ditempat kita? Realistislah dengan segala kondisi, dan kemungkinan kemungkinan yang mungkin ada. Jika memang sekiranya tidak bisa dikembangkan, maka kita bisa mencari model usaha lainnya.

2. Pisahkan Dana Pribadi

Saat memulai merintis bisnis, usahakanlah bahwa kita tidak menggunakan uang sendiri apalagi sampai berhutang. Karena kenapa? Karena bisnis adalah suatu perjalanan yang sangat berbahaya dan penuh resiko, sehingga jika nantinya kita tidak mampu mengembangkan usaha dan bisnis kita tersebut kita tidak mengalami kebangkrutan total apalagi harus dikejar kejar hutang. Memilih untuk bekerja sama bersama seorang partner bisa memudahkan kita dalam merintis serta mengambangkan bisnis yang akan kita bangun nantinya.

3. Bekerja Lebih Keras

Suatu bisnis yang dibangun akan maju atau berkembang tergantung dari sebarapa besar dan keras usaha kita dalam memajukan dan mengembangkannya. Maka dari itu, saat kita membuat keputusan untuk merancang dan terjun dalam dunia bisnis maka kita sudah harus siap untuk bekerja lebih keras dari pada biasanya.

4. Menghargai Waktu

Dalam dunia bisnis waktu adalah uang, jadi semisal dalam bisni yang akan kita jalankan nanti kita bisa mengahsilkan omset 10.000 untuk setiap jamnya, maka kita harus bisa meneghargai waktu yang kita gunakan dalam menekuni bisnis tersebut. Buatlah waktu menjadi seproduktif mungkin.

5. Karyawan yang Baik

Suatu bisnis yang baik maka perlu ditunjang pula dengan karyawan yang baik. karyawan adalah garda terdepan dalam setiap pelayanan terhadap konsumen. Kita karyawan mampu melaksanakan tugasnya dengan biak dalam melayani setiap konsumen maka kepuasan konsumen akan terjaga. Maka dari itu penting buat kita dalam melakukan recrutmen karyawan. Pastikan bahwa kita merekrut karyawan karayawan yang baik sehingga memudahkan kita dalam mengembangkan bisnis kita nantinya.

6. Hitung HPP dengan Baik

Agar memudahkan kita dalam mengetahui besaran laba bersih yang kita terima setiap bulannya, maka kita juga harus melakukan perhitungan HPP (Harga Pokok Penjualan) dengan baik pula. Perhitungan ini akan memudahkan kita dalam menyusun neraca keuangan dan mengetahui besaran omset yang kita peroleh dan dapatkan setiap bulan atau bahkan setiap tahunnya.

Demikianlah apa yang bisa kami sampaikan mengenai Strategi Manajemen Usaha Kecil, semoga bisa memberikan manfaat dan menambah pengetahuan untuk kita semua dalam aplikasi manajemen usaha dan bisnis yang mungkin sedang dijalani dan dikembangkan. Salam sukses.

No comments:

Post a Comment