Strategi Memilih Lokasi Bisnis

Lokasi yang strategis dan tepat adalah salah satu langkah awal dari suatu keberhasilan bisnis yang sedang dijalankan. Jika kita memilih lokasi dengan benar maka bukan tidak mungkin jika keberhasilan yang kita dapatkan, akan tetapi jika kita memilih lokasi yang salah maka kerugian atau bahkan malah kebangkrutan yang akan menimpa nantinya.
Akan tetapi sayangnya, kadang kala kita tidak memiliki kemampuan untuk memilih tempat dengan benar, padahal ini merupakan salah satu kemampuan yang penting dan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh para pelaku usaha yang akan berkecimpung dalam dunia bisnis. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang Strategi Memilih Lokasi Bisnis yang tepat dan strategis guna mewujudkan bisnis yang cukup dan maju seperti apa yang telah dicita citakan bersama.

1. Kepadatan Penduduk

Tempat usaha yang bagus adalah tempat usaha yang terletak di pusat keramaian ataupun di tengah - tengah penduduk, jadi kita bisa memilih lokasi tempat usaha berdasarkan tingkat kepadatan penduduknya. Semakin padat penduduknya maka peluang kita akan semakin besar.

2. Pendapatan Masyarakat

Tingkat daya beli suatu masyarakat ditentukan oleh besar kecilnya pendapatan, maka kitapun harus bijak dalam membuka lahan usaha. Jangan membuka suatu bisnis dengan nilai jual yang tinggi ditengah tengah pemukiman penduduk yang berpendapatan menengah kebawah.

3. Lalu Lintas

Keramaian lalu lintas juga bisa jadi bahan pertimbangan, jika lalu lintasnya ramai mungkin usaha semacam bengkel akan jauh lebih berprospek. Akan tetapi jika yang kita temui para pejalan kaki, mungkin usaha minuman akan cenderung lebih menghasilkan.

4. Banyaknya Bisnis

Kadang kala calon konsumen akan datang kesuatu tempat karena disitu banyak terdapat lahan orang berbisnis. Jadi mereka bisa mencari kebutuhannya ditempat tersebut. Tempat semacam itu juga potensial untuk kita mendirikan usaha baru, karena para calon konsumen sudah mengetahui lokasi dan sering mengunjunginya.

5. Sesuaikan Biaya

Tidak jarang bahwa lokasi bisnis yang strategis pasti memiliki nilai sewa atau nilai jual yang tinggi, maka alangkah baiknya jika kita menyesuaikan dengan kemampuan pendanaan yang kita punya.

6. Pilihlah yang Tingkat Persaingannya Rendah

Jika kita seorang pemula dan baru saja mendirikan bisnis, maka saran kami pilihlah tempat yang persainganya tidak terlalu ketat. Jika kita memaksa masuk kedalam wilayah yang persaingannya ketat, maka sebisa mungkin untuk menghadirkan inovasi baru dalam bisnis dan usaha kita tersebut. Akses jalan konsumen akan lebih mudah datang ketempat usaha kita jika akses jalan maupun transportasinya mudah.

7. Keamanan

Keamanan bukan hanya untuk usaha kita saja, akan tetapi juga keamanan bagi para calon konsumen yang datang, pastikan bahwa keamanan ditempat tersebut terjaga dengan baik.

8. Kebersihan

Sering kali konsumen tidak mau datang ketempat usaha kita karena tempat kita kotor dan menjijikan. Maka, alangkah baiknya untuk terus menjaga kebersihan tempat usaha tersebut.

Demikian bebebrapa hal Strategi Memilih Lokasi Bisnis yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua, salam sukses.

No comments:

Post a Comment