Strategi Menjaga Bisnis yang Masih Baru

Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Strategi Menjaga Bisnis yang Masih Baru atau yang masih berusia muda. Tidak jarang bahwa suatu bisnis sering kali tidak mampu bertahan dalama kisaran yang ukup lama. Tidak banyak memang suatu bisnis yang mampu bertahan dikisaran umur lebih dari 5 tahun. Semuanya pasti butuh keuletan dan kerja keras yang tidak biasa.
Mungkin beberapa hal yang akan kami bagi dibawah ini cukup bisa membantu kita semua dalam usaha untuk menjaga bisnis agar tetap bertahan atau bahkan lebih mampu berkembang lagi pada usia usia mendatang. Berikut adalah beberapa strategi menjaga bisnis yang umurnya masih muda.

1. Rencanakan Bisnis Dengan Matang

Suatu usaha jelas datang karena sebuah perencanaan yang baik. Akan tetapi juga tidak bisa dipungkiri bahwa usaha yang mampu bertahan lama bahkan terus berkembang juga karena perencaan yang baik saat akan dimulainya bisnis tersebut. Jadi menurut kami, rencanakanlah bisnis kita dengan matang. Buatlah rencana kerja yang jelas untuk satu bulan, dua bulan, satu tahun, dua tahun bahkan lima tahun kedepan. Ini berfungsi agar kita punya landasan serta patokan yang jelas dalam mengembangkan serta menjaga usaha kita.

2. Amankan Modal

Mungkin satu hal yang sering kali luput dari perhatian kita adalah management keuangan yang baik. Sering kali kita tidak bisa mengendalikan uang keluar sehingga kadang kala pendapatan yang masuk tidak bisa memenuhi pengeluaran yang kita keluarkan. Maka dari itu, penting rasanya untuk kita bisa mengamankan modal beserta dengan pendapatan pendapatan yang mungkin kita dapat selama menjalankan bisnis tersebut. Cek kembali setiap pengeluaran, jangan sampai terdapat pengeluaran yang sebenarnya tidak ada dalam perencanaan.

3. Kendalikan Biaya

Agar tidak terjadi pengeluaran yang membengkak, penting bagi kita untuk selalu menjaga setiap pengeluaran yang keluar. Jangan dibiasakan terjadi pengeluaran yang bukan semestinya apalagi terjadi dalam skala yang besar. Sering seringlah mengecek pengeluaran biaya operasional kita.

4. Puaskan Pelanggan

Agar usaha atau bisnis kita dapat terus bertahan bahkan terus berkembang, maka kepuasan konsumen adalah yang utama. Konsumen dalam hal ini adalah modal yang tidak ternilai bagi kita. Pastikan bahwa kita selalu bisa memberikan servise yang memuaskan kepada semua konsumen kita. Karena dengan demikian kita bisa menjaga kelangsungan dan berkembangnya bisnis kita secara tidak langsung.

5. Memanfaatkan Konsumen

Konsumen dalam hal ini bisa menjadi alat marketing diam atau alat marketing tanpa sadar. Jika poin diatas berhasil kita penuhi, yaitu menjaga kepuasan konsumen. Maka konsumen pasti akan merekomendasikan usaha serta bisnis kita kepada teman yang membutuhkan. Ini tentunya sebuah keuntungan bagi kelangsungan bisnis dan usaha kita.

6. Promosi

Promosi merupakan langkah awal kita dalam menjaring konsumen, maka lakukanlah promosi secara terus menerus dan berkala. Promosi yang baik juga akan berpengaruh terhadap konsumen yang datang. Jika kita tidak melakukan promosi, bukan tidak mungkin usaha atau bisnis kita tidak diketahui oleh orang - orang.

Demikianlah informasi beberapa hal Strategi Menjaga Bisnis yang Masih Baru yang sekiranya perlu kita perhatikan dalam menjaga bisnis kita. Semoga apa yang sudah kami sampaikan diatas sekiranya dapat memberi manfaat yang baik. Salam sukses.

No comments:

Post a Comment